Friday, August 22, 2014

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2007

Jika hujan meteor Leonid berlangsung selama 2 hari, hitung berapa ketebalan sabuk meteoroid yang menyebabkan leonid.

Sebuah gugus bola X memiliki total magnitudo semu visual V = 13 mag, dan magnitude total absolutnya dalam visual Mv = -4,5. Gugus bola tersebut berjarak 11,9 kiloparsec dari pusat Galaksi Bima Sakti, dan berjarak 0,5 kiloparsec ke arah selatan bidang Galaksi. Jika jarak dari Matahari/Bumi ke pusat Galaksi sebesar 8,5 kiloparsec, hitung berapa besar absorpsi yang diakibatkan oleh materi antar bintang dari Matahari ke gugus bola X!

Sebuah bintang jenis Cepheid yang berada di bidang galaksi Bima Sakti diamati gerak dirinya. Ternyata komponen kecepatan tangensialnya (yang tegak lurus garis pandang) nol, berarti bintang itu arah geraknya tepat sejajar dengan garis pandang. Dari pengamatan spektroskopi diketahui bintang itu menjauhi matahari. Dari periode perubahan cahayanya dapat diperoleh jarak bintang itu yaitu 4000 tahun cahaya. Jika jarak bumi ke pusat galaksi 30.000 tahun cahaya, hitunglah radius orbit bintang itu mengelilingi pusat galaksi.


Soal selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik link di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2007



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories