Saturday, August 23, 2014

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2009

Sebuah teleskop dengan diameter bukaan 0,5 meter memerlukan waktu 1 jam untuk mengumpulkan cahaya dari obyek astronomi yang redup agar dapat terbentuk citranya pada detektor. Berapa waktu yang diperlukan oleh teleskop dengan diameter bukaan 2,5 meter untuk mengumpulkan jumlah cahaya yang sama dari obyek astronomi redup tersebut?

Pada awal bulan Maret 2009 ada berita di media massa bahwa sebuah asteroid berdiameter 50 km melintas dekat sekali dengan Bumi. Jarak terdekatnya dari permukaan Bumi pada saat melintas adalah 74 000 km. Karena asteroid itu tidak jatuh ke Bumi bahkan kemudian menjauh lagi, dapat diperkirakan kecepatannya melebihi suatu harga X. Berapakah harga batas bawah kecepatan itu?

Hitunglah enerji matahari yang jatuh pada selembar kertas dengan luas 1 meter persegi di permukaan bumi. Abaikan serapan dan sebaran oleh atmosfer bumi, dan gunakan hukum pelemahan radiasi. Apabila dibandingkan dengan sebuah bola lampu 100 W maka harus diletakkan pada jarak berapa agar lampu tersebut setara dengan energi matahari?

Soal selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik link di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2009



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories