Saturday, August 23, 2014

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2010

Dari warnanya, diketahui temperatur sebuah bintang 3000 K (bandingkan dengan temperatur matahari yang besarnya 6000 K), tapi luminositasnya 400× luminositas matahari.
a. Berapa radiusnya ?
b. Termasuk jenis apakah bintang ini?
c. Dalam panjang gelombang berapa ia memancarkan energi yang paling banyak?

Dua kamera diletakkan 50 km terpisah sepanjang khatulistiwa pada arah Timur‐Barat dan merekam citra sebuah satelit meledak pada saat yang bersamaan. Kamera di sebelah Barat mengamati ledakan di zenit, sementara kamera di sebelah Timur mengamati ledakan pada ketinggian 55 dari horison Barat. Pada ketinggian berapakah dari permukaan Bumi satelit tersebut meledak?

Dua buah stasiun angkasa luar yang sebelumnya terpisah dengan jarak 20 km bergerak saling mendekati dengan kecepatan konstan 10 km/jam. Seorang astronot yang melakukan perbaikan yang semula berada di bagian depan stasiun yang satu terbang ke bagian depan stasiun lainnya, dan kembali lagi ke posisi awalnya, yaitu di bagian depan stasiun pertama. Hal ini dilakukannya terus menerus hingga kedua stasiun tadi bertubrukan. Jika astronot itu terbang dengan kecepatan konstan 20 km/jam, berapakah jarak total yang ditempuh oleh astronot tersebut hingga kedua benda bertubrukan?

a. 10 km
b. 15 km
c. 20 km
d. 30 km
e. 35 km

Soal selengkapnya dapat diunduh dengan mengklik link di bawah ini. Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat.

Soal Olimpiade Astronomi SMA Tingkat Provinsi 2010



Related Articles by Categories


0 comments:

Grab this Widget ~ Blogger Accessories